Blog dan youtube mengantarkanku jadi guru inspirasi terbaik tingkat nasional

 21 januari 2022

Pertemuan ke 3

Moderator : Rosminiyati

Narasumber : Rita Wati, S.Kom

Penulis : Sahril Al-Hamid



Alhamndulilah pada kesempatan ini saya masih bisa mengikuti pelatihan ketiga bersama dengan moderator dan narasumber yang hebat luar bisa, walau saya masuk digrup pelatihan di jam 20:08 karena ada panggilan maha kuasa yang tidak bisa saya abaikan. Semoga allah mendatangkan kebaikan dan kebermanfaatan yang luar biasa pada pertemuan ini. aamiin

Pada saat saya membuka HP dan langsung melihat aplikasi WA, saya menemukan pesan yang paling banyak masuk di kolom grup ialah di WA grup Belajar menulis gelombang 23-24. Dalam kesempatan tersebut saya kaget ternyata saya sudah ketinggalan jauh materinya, dengan sabar saya membaca satu persatu penyampaian moderator dan narasumber yang sangat hebat-hebat.

Awal buka WA saya mula-mula membaca ucapan salam yang disampaikan oleh moderator  “assalamualaikum “ tulisnya pada pertemuan ini. Setelahnya moderator memperkenalkan narasumber serta materi yang akan disampaikan pada pertemuan ke tiga ini dengan tema “blog dan youtube mengantarkan ku menjadi guru inspirasi terbaik tingkat nasional” dan yang menjadi narasumbernya adalah ibu RITA WATI, S.Kom. Pertemuan ini konsep yang di pakaui masih tetap mengadopsi pada konsep pertemuan sebelumnya dengan acara Sebagai berikut :

1. Pembukaan

2. Pemaparan materi 

3. Tanya jawab 

4. Penutup

Setelah pemaparan pembukaan dari moderator maka secara langsung yang mengambil alih WA grup adalah Narasumber yaitu Ibu Rita Wati, S.Kom. Awal penyampaian materi Narasumber langsung memberikan intruksi kepada peserta pelatihan untuk membuka voting yang isinya “mohon berikan satu atau dua kata setelah bapak/ibu melihat profil saya, setelah saya isi dan kirim muncul lagi terimakasih atas partisipasinya”. Sesudah saya membuka voting tersebut saya langsung kembali melihat WA grup untuk melanjutkan materi yang ingin saya pelajari, setelah saya buka dan isi voting tadi maka giliran narasumber yang mengiirim hasil dari isian tersebut. 



Tidak lama saya geser kebawah untuk melihat kelanjutan materi ternyata saya disuruh isi voting lagi dan sayapun mengisinya dan hasilnya keluar juga seperti sebelumnya.



Sayapun masih tetapi perhatikan pelan-pelan apa yang menjadi pembahasan dari narasumber, terselang beberapa tulisan narasumber menceritakan pengalamannya pribadi dengan bermaksud untuk memotivasi kami agar terus belajar dan mendapatkan buku solo, terus narsum mencerita kan tentang pengalaman awalnya tertarik pada dunia tulis menulis sejak 2001 di awal menjadi mahasiswa karena termotivasi dengan penulis yang telah menerbitkan buku tapi tidak tau mau menulis apa dan bagaimana cara mulainya tapi dengan semangat yang tinggi pada tahun 2005 sudah bisa membuat cerpen dengan jumlah 80 halaman. 

Akan tetapi lucunya pada kesempatan tersebut malah menjadi titik awal kembalinya rasa tidak ingin menulis karena menganggap “diri sendiri tidak berbakat menjadi penulis”. Pada awal pandemi covid 19 memutuskan ikut lagi digelombang 10 dan pada saat pertemuan 1-5 hanya focus pada pembuatan resume copy paste dari penyampaian narasumber tapi alhamndulilah di pertemuan ke 6 sudah mulai berpikir saya tidakkan bisa berkembang kalau hanya mengandalkan copy paste terus maka dari situlah awal mula dimulainya membuat resume dengan kata-kata dan kalimat sendiri, karena dengan olah kata-kata sendiri dalam membuat resume ada saja yang pembaca dan senang membacanya sehingga yang senang membaca rangkaian kata yang saya sampaikan maka mereka  akan membagikan di beberapa komunitasnya di WA grupnya.

Pada saat itu saya juga bukan seorang blogger dan youtube yang hebat tapi karena saya belajarnya dengan rutin saya mendapatkan prestasi menjadi blogger dan youtube terinspirasi dan terbaik tingkat nasional. Pada saat pukul 19:44 narasumber sudah mulai mengirim link youtubenya dengan berjudul yang beda-beda diantaranya:

1. Perjalanan menjadi guru inspirasi nasional 2021

2. Apresiasi guru dan tenaga kependidikan inspirasi 2021

3. Literasi digital content managemen system (CMS)

Setelah narasumber membagikan link tersebut, narasumber melanjutkan materinya pada malam yang penuh dengan nuansah yang sangat ilmiah. Pada kesempatan ini juga narasumber memberikan “6 reasons”

1. Mewujudkan merdeka belajar

2. Dapat dibuka kapan saja dan dimana saja

3. Dapat di akses oleh seluruh pengguna internet

4. Meninggalkan jejek digital

5. Materi dapat di jadikan buku

6. Tambahan income



Dari paparan yang sudah disampaikan dan penambahan 6 hal tersebut di atas saya memiliki keyakinan bahwa yang bersungguh-sunggu pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan sebab proses tidak akan pernah menghianati hasil. Setelah hamper 1 jam lebih membagi pengalan dengan kami peserta pelatihan maka narasumber mengucapkan kata penutup yang sangat bagus dan maknanyapun sangat luar biasa “jika bapak ibu serius menulis saya hanya ingin mengatakan tunggu saja kejutan yang akan datang”. Setelah penyampaian penutup ini langsung moderator mengambil alih untuk mengarahkan grup supaya tertib dalam diskusi Tanya jawab, tidak lupa moderator mengingatkan bahwa bagi yang ingin bertanya boleh ajukan pertanyaan melalui JAPRI dengan moderatornya agar moderator yang memasukkan pertanyaan tersebut dalam grup karna WA grup BM sudah diseting khusus yang bisa mengirim dan memberikan komentar hanya orang yang sudah diijinkan oleh admin.

Proses Tanya jawab pun sangat seru karena peserta grup memberikan pertanyaan yang luar biasa sehingga membangun wawasan dan cara pandang saya akan pentingnya blog dan youtube, contoh pertanyaan dari pak ahmad syafii. Bagaimana trik menjadi blogger dan youtuber. Narsum menjawab tidak ada trik khusus, semua berawal dari ingin membagi materi, agar membuat orang lain yang belum memahami sesuatu , dengan melihat, mendengar atau membaca  bisa mengikuti apa yang saya lakukan, dan yang paling penting niat dan asas kemanfaatan materi yang kita sampaikan harus sesuai dengan kebutuhan orang banyak.


Semoga diskusi kali ini bisa mendapatkan ridho dari allah SWT dan menjadikan aktifitas kita bernilai ibadah disisinya, aamiin

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerobak Bakso Hati

Semua Orang bisa jadi Penulis

Indonesia Berkarakter