HOW TO BE THE F1


Senin 24 januari 2022
Pertemuan ke 4
Moderator : widya setianingsih
Narasumber : Maesaroh, M.Pd
Penulis : Sahril Al Hamid



Assalamualaikum..wr.wb
Alhamndulilah pada kesempatan ini bisa melaksanakan tugas menulis di pelatihan belajar menulis di bawah bimbingan ayahanda wijaya kusuma yang biasa kami panggil dengan om jay walau datang terlambat (jam 08:15) seperti biasanya tidak berarti semangat saya untuk menuntut ilmu pudar begitu saja, saya selalu memberikan motivasi terhadap diri sendiri bahwa saya akan menjadi penulis yang karyanya bermanfaat buat generasi bangsa.

Pada kesempatan ini saya sangat merasa bersyukur karena allah masih memberikan waktu berupa kesehatan dan kesempatan sehingga masih bisa menuntut ilmu yang sangat bermanfaat di pelatihan belajar menulis ini. Walau saya sangat tertinggal jauh materinya tapi saya semangat untuk membuka dan mempelajari pelan materi yang disampaikan oleh narasumber. Untuk pertemuan kali iniaturan dalam pelatihan BM ini masih sama seperti biasanya. 

Adapun yang menjadi moderator pada pelatihan BM malam ini adalah widya setianingsih moderator hebat luar biasa dan yang menjadi narasumbernya adalah bunda maesaroh, M.Pd yang bertempat tinggal di banten kota lebak, seorang perempuan yang segudang prestasi yang membuat saya pribadi ingin mengikuti jejaknya.  Materi pembahasan yang disampaikan oleh narasumber pada malam hari ini adalah How to be the F1.

Pada awal pembahasan materi bu mae sudah memberikan bait-baik yang sangat bagus bagi saya, dan saya semakin ingin menjadi penulis hebat sepertinya karna memang dari sejak dulu saya memiliki minat yang besar menjadi penulis syair yang baik, berikut isi syairnya :

*Senja Mengukir Cinta*
*_Oleh: Maesaroh_*

Deru angin dalam semilir
Mengukir ruang resah
Tentang senja paling gulita
Yang membawa rasa untuk dia.

 
Untuk rembulan dalam temaram
Ku titipkan singasana cinta
Berceloteh tentang rindu
Yang bersembunyi dalam diam.

 
Sunyi bertahta dalam gelap
Hampa riak suara, kelabu
Hanya menandu rindu
Dari cinta yang berselimut dingin.


Rasa cinta yang tetap terjaga
Bak bersanding dengan alam
Menjadi singgasana keabadian
Membumi dengan lubuk paling dalam.

 
Untuk dia, ku jaga rasa
Memeluk rindu seabad
Ku sampaikan dalam maya
Agar terukir cerita paling menawan.
 
Lebak, 20 Juni 2021

Setelah membuka dengan syair narasumber langsung memberikan gambaran supaya bisa menjadi How to be the F1, dimana kita saya harus bisa menyelesaikan resume secepat mungkin tapi tidak juga asal selesai yang membuat tulisan saya menjadi tulisan yang tidak bermakna dan tidak memberikan pesan yang baik kepada pembaca. saya memiliki prinsip, cepat itu tidak masalah yang penting kualitas tulisannya baik dan bermanfaat untuk orang banyak.

Sebenarnya saya sejak mengikuti pelatihan di Komunitas belajar menulis ini saya sudah melakukan langkah-langkah yang menurut saya sangat efektif mempercepat penulisan resume. Jadi langkah awal yang saya lakukan membuka HP untuk Menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber terus selanjutnya saya membuka lepto untuk menyalin apa yang saya baca dan pahami di grup pelatihan belajar menulis tersebut. Jadi memang dua alat janggih yang disebutkan diatas adalah salah satu sarana pendukung untuk saya mencapai cita –cita saya sebagai penulis.

Di sisi lain setelah saya perhatikan isi penyampain materi yang di sampaikan ada yang membuat saya tertarik yaitu 6 cara menulis resume dengan cepat dan baik diantaranya adalah :
1. amati materi dari narasumber dengan baik
2. modifikasi materi yang diberikan oleh narasumber, menjadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku.
3. Hindari copy paste seluruh materi narasumber
4. Kembangkan materi yang disampaikan narasumber dengan relevansi materi yang relative baik
5. Berikan simpulan akhir dari penjabaran resume atau tepatnya sebelum kalimat penutup
6. Yang terpenting dalam me resume adalah membuatnya dengan gaya bahasa sendiri, agar tulisan kita memiliki seni yang khas

Dari ke 6 poin yang sangat luar biasadi atas  apabila dikembangkan dengan baik maka akan memberikan dampak yang sangat besar kepada saya.  Jadi memang benar materi yang disampaikan oleh narasumber tidak semuanya saya masukkan dalam tulisan ini akan tetapi saya akan melakukan gerakan pembawa ATM (amati, tiru dan medifikasi), jadi poin-poin  diatas adalah poin yang sangat membantu bagi saya dalam menyelesaikan resume secepat mungkin. 

Ada hal yang sering di jumpai pada orang yang baru-baru menulis seperti saya atau penulis pemula lainnya, diantara yang paling krusial itu adalah tidak percaya diri, jadi selatah saya melakukan beberapa eksperimen tentang bagaimana cara mengelola diri supaya bisa mengekspor hasil pikirannya, jadi ada 4 langkah yang harus dilakukan supaya bisa menjadi penulis handal diantaranya adalah :
1. Tanamkan rasa percaya diri dan jangan pernah merasa malu apapun hasilnya karena dengan orang lain melihat tulisan itu saya merasa ada wawasan serta ilmu baru sehingga saya bisa menjadi lebih hebat kedepannya
2. Siap terima kritik dan saran dari orang lain
3. Bangun lah tulisan di beberapa blog 
4. Teruslah menulis setiap hari dan lihat hasilnya.

Jadi setelah semua rangkain di atas dilaksanakan maka siap-siaplah kita akan menjadi orang yang dicari oleh orang lain lantaran kualitas yang dimiliki, jadi terus belajar adalah kata kunci dan teruslah menulis setiap hari agar bisa mendapatkan yang diinginkan serta segerakan membuat resume setiap pertemuan karena itu akan memberikan dampak positif pada perkembangan tulisanmu.

Semoga allah selalu berikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua sehingga kita bisa menjalankan segala aktivitas yang menjerahkan generasi di masa yang akan datang..

aamiin

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerobak Bakso Hati

Semua Orang bisa jadi Penulis

Indonesia Berkarakter